Rabu, 18 Mei 2016

Tolong Bawa Aku Ke Syurga

Tulisan ini saya ambil  dari kiriman seorang teman di grup salah satu media sosial. Indah banget :'(. Semoga Allah persatukan saya dengan sahabat-sahabat saya di syurga-Nya kelak..aamiin..


Tolong Bawa Aku ke Syurga

Mengunjungi seorang  teman yang sedang kritis sakitnya, dia menggenggam erat tangan saya, lalu menarik ke mukanya, dan membisikkan sesuatu. Dalam airmata berlinang dan ucapan yang terbata-bata dia berkata "Jika kamu tidak melihat aku di syurga, tolong tanya pada Allah dimana aku, tolonglah aku ketika itu...". Dia langsung terisak menangis, lalu saya memeluknya dan meletakkan muka saya di bahunya. Saya pun berbisik "Semoga Allah mengijabah do'amu..aamiin..aku juga mohon kepadamu jika kau tidak melihatku di syurga, tolong kau tanyakan aku juga...". kami pun menangis bersama, entah untuk berapa lama.

Ketika saya meninggalkan rumah sakit, saya pun terkenang akan pesan beliau. Sebenarnya pesan tersebut pernah disampaikan oleh seorang ulama besar, Ibnu Jauzi, yang berkata kepada sahabatnya sambil menangis "Jika kamu tidak menenmui aku di syurga bersama kamu, maka tolonglah tanya kepada Allah tentang aku : Wahai Rabb kami, si fulan sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah dia bersama kami di syurga". Beliau memberi pesan tersebut bersandarkan sebuah hadits :

"Apabila penghuni syurga telah masuk ke dalam syurga lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, maka mereka pun bertanya kepada Allah ; Ya Rabb, kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia shalat bersama kami, puasa bersama kami, dan berjuang bersama kami..."
Maka Allah berfirman, "Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman, walau hanya sebesar zarrah". (Ibnu Mubarrak dalam kitab Az Zuhd)

Di dalam bersahabat, pilihlah mereka yang membantu kita bukan hanya ikatan dunia saja, tapi juga hingga akhirat kelak... Carilah sahabat-sahabat yang senantiasa mengajak ke majelis ilmu, mengajak berbuat kebaikan, bersama-sama bekerja untuk kebajikan, serta selalu berpesan dengan kebenaran.

Teman yang dicari karena urusan perniagaan saja, teman menonton bola, teman belanja, teman curhat hanya urusan dunia, dan teman-teman lainnya pada ujungnya maut akan memisahkan kita dengan teman-teman tersebut dan masing-masing hanya akan membawa diri sendiri. Tetapi teman yang bertakwa akan mencari kita untuk bersama-sama di syurga...

Maka berkacalah pada diri sendiri, apakah teman-teman kita adalah teman-teman yang akan mengajak kita ke syurga? Atau jangan-jangan teman-teman kita jauh lebih buruk dari diri kita sendiri? Na'udzubillah.. 

Hasan al-bashri berkata :"Perbanyaklah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari kiamat"


* * *

Siapapun yang tidak sengaja membaca tulisan ini atau bahkan saya sendiri, semoga kita memiliki sahabat-sahabat terbaik yang bisa membawa kita ke syurga-Nya kelak yaa..aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar